10 KIAT MENEKAN BUDGET MEMBANGUN RUMAH

Sebelum membangun rumah ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila anda ingin menghemat anggaran pengeluaran dalam perencanaan pembangunan rumah antara lain:

1. Susun rencana membangun atau merenovasi rumah dengan matang.
merencanakan pembangunan rumah atau renovasi sematang mungkin. desain bangunan dengan berbagai aspek pertimbangan mulai kesehatan, pencahayaan, udara, pemilihan material bangunan, budget yang anda punyai, hingga perizinannya. tata letak ruangan harus membuat kita merasa nyaman dalam ruangan tersebut dan hal itu harus diutamakan.

2. Konsultasikan dengan ahlinya
untuk mendapatkan tata letak rumah yang ideal jangan sungkan-sungkan untuk berkonsultasi dengan ahlinya misalnya arsitek atau pun teman anda yang mempunyai keahlian dalam menata ruangan. biasanya ada anggaran khusus untuk mendapatkan jasa desain rumah yang ideal, carilah teman terdekat sehingga dapat menekan budget pengeluaaran anda sebab dengan teman biasanya akan mendapatkan harga pertemanan dalam mendesain rumah.

3. Tentukan skala prioritas
ini cocok buat anda yang mempunyai dana terbatas. bila dana anda terbatas maka konsep yang idela adalah rumah yang berkembang artinya buatlah konsep rumah yang dapat dikembangkan kemudian tentukan skala prioritas ruangan mana yang terlebih dahulu anda butuhkan. bila dana anda tersedia kembali maka dapat dilanjutkan pembangunannya.

4. Buat struktur rumah yang fleksibel, kuat, dan tahan lama
meskipun rumah anda di konsep rumah tumbuh atau berkembang, akan tetapi struktur rumah harus tetap kuat dan sebisa mungkin denah pondasi sudah fix sehingga tidak diperlukan lagi perubahan pada pondasi, sehingga pekerjaan tidak berulang-ulang. Struktur bangunan merupakan bagian terpenting dan juga harus kuat memang struktur bangunan agak mahal akan tetapi dibandingkan dengan keselamatan penghuni didalamnya akan mendapatkan keamanan bagi keluarga anda.

5. Perhatikan tata letak ruangan
Tata letak ruangan yang bisa dihemat dengan jalan meniadakan sekat-sekat antar ruangan. Ruang yang sekat dapat dihilangkan yaitu ruangan umum misal ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga dan dapur. Untuk tetap mendapatkan prifasi ruangan dapat di sekat dengan aneka furnitur atau penyekat ruangan. dengan demikian sekat dinding dapat dikurangi sehingga dapat menghemat anggaran anda.

6. Pandai memilih material
Ada berbagia macam pilihan material yang dapat lebih murah dengan fungsi yang sama. memilih berbagai material disarankan memilih yang tidak memerlukan perawatan misalnya pilihlah atap yang tidak memerlukan perawatan yaitu atap baja ringan. dan hindari bongkar pasang material dalam jangka pendek sebab terjadi pemborosan. pilihlah material yang awet dan tahan lama sehingga tidak keluar biaya 2 kali. misal atap kayu dirubah jadi atap baja ringan sebab atap kayu terkena rayap.

7. Berkreasilah dengan material
Material alam biasanya lebih mahal maka apabila anda ingin rumahnya ada hiasan material alam bisa dicoba dengan perpaduan semen dan pasir yang di bentuk mirip dengan material alam. berbagai pilihan material dapat dijadikan kreasi yang menarik asalkan masih sesuai dengan budget yang anda punyai.

8. Pilih tenaga kerja yang terbaik
Biaya tenaga kerja atau tukang merupakan salah satu komponen biaya pembuatan rumah. Pilihlah tenaga kerja yang terbaik dan anda kenal sebab dengan anda lebih mengenalnya maka kemungkinan anda tertipu lebih kecil. untuk pemasangan item-iten tertentu sebaiknya di pakai tenaga spesialis, misal pekerjaan kayu dikerjakan tukang kayu, batu dikerjakan tukang batu marmer dikerjakan tukang marmer, atap baja ringan dikerjakan tenaga khusus atap baja ringan. Dengan spesialis dibidangnya maka pekerjaan lebih rapi dan bongkar pasang pekerjaan akbiat kesalahan dapat dihindari.

9. Lakukan Perbaikan sebelum terlambat
pengawasan pembangunan sangat mutlak diperlukan sebab kesalahan dalam pembangunan bisa saja terjadi untuk itu perlu secepatnya apabila ada kesalahan segera diperbaiki untuk mencegah kesalahan yang lebih besar dan menekan budget yang terbuang.

10. Konsisten dengan rencana awal anda. 
Tetaplah konsisten dengan rencana awal bangunan anda, terlebih jika bangunan anda sudah berdiri apabila terjadi perubahan yang mendadak maka bangunan yang sudah jadi menjadi mubazir atau pemborosan. perubahan sebaiknya dilakukan pada tahap awal sebelum dimulai pekerjaan sehingga biaya bongkar pasang dapat dihindari. 

Komentar

Postingan Populer