DESAIN

-->
DESAIN
Ini merupakan fase yang mentejemahkan cara melaksanakan, secara berangsur-angsur, hasil yang nantinya akan dapat diserahterimakan dari proyek itu mulai kelihatan bentuknya. Persyaratan yang telah disepakati, para ahli teknik itu, arsitek, analis system, insinyur, fisikawan, dsb. Akan menciptakan solusi terhadap persoalan yang telah dinyatakan.

Desain ini akan membentuk blueprint atau cetak biru untuk fase selanjutnya. Bentuknya menjadi sangat bervariasi, seperti rencana-rencana berdiagram, sebuah model kerja, sebuah prototype, sebuah spesifikasi resmi, dsb.

Seperti dalam fase sebelumnya, desain itu harus disepakati dengan penggunanya atau Owner. Sedangkan rencana-rencana yang lebih rinci harus dikembangkan untuk fase selanjutnya.

PEMBANGUNAN
Akhirnya, suatu yang nyata pun diciptakan : Menggali terowongan, mendirikan bangunan, membangun system, dsb. Fase pembangunan ini adalah periode yang sangat menentukan. Disini, selalu saja ada godaan untuk menghemat fase-fase permulaan, spesifikasi maupun desain, hanya agar tampak sudah menghasilkan sesuatu. Godaan seperti inilah yang harus dilawan…       

IMPLEMENTASI
Produk telah didesain dan dibangun. Sekarang, semuanya siap untuk dioperasikan. Meskipun kita harus terus-menerus menguji apakah yang sedang kita bangun itu sudah dengan apa yang sebenarnya diminta oleh Owner, proses terakhir dari diterima tidaknya pekerjaan akan berlangsung selama fase ini.

Menerapkan prosedur transisi apapun yang harus diadakan. Ingat, manajemen proyek adalah menyangkut pengelolaan perubahan.

OPERASIONAL
Fase operasional seringkali dilupakan dengan tidak menganggapnya sebagai bagian dari proyek. Meski demikian, janganlah operasi itu disia-siakan. Biasany, setelah kita puas karena proyek dapat dilaksanakan. Sesuatu telah diserahterimakan : yakni, laporan terakhir yang merinci penemuan-penemuan dari peninjauan kembali pasca implementasi.

Begitu proyek baru digunakan, persyaratan dan persoalan-persoalan pun akan bermunculan, dan siklus yang seperti semula pun secara utuh akan mulai muncul lagi.

Komentar

Postingan Populer