JENIS DAN TATA LETAK RUMAH


RUMAH GANDENG ( Koppel )
Bentuk rumah gandeng adalah bentuk bangunan yang bergandeng antara satu dan lainnya pada salah satu batas pekarangan, sedangkan pada sisi batas pekarangan yang lain bangunan harus terpisah dengan jarak tertentu sesuai dengan peraturan setempat
Penampilan bangunan gandeng sama dan sebangun (simetris) antara satu dan lainnya. Oleh karena itu, denah lantai dasar dan tampak muka berbentuk sama.

RUMAH RAPAT DEMPET
Rumah rapat dempet adalah bentuk bangunan rumah dengan bangunan induk dan bangunan turutan diperkenankan rapat dengan batas pekarangan samping. Penampilan bentuk bangunan rapat justru harus menampilkan kesan rapat. Oleh karena itu bentuk atap direncanakan sedemikian rupa, sehingga menampilkan kesan rapat. Misalnya, dengan menggunakan bentuk atap pelana dengan posisi memanjang sejajar garis bangunan, sedangkan sisi miring atap yang membentuk sudut miring atap dipasang dengan posisi dari depan ke arah belakang pekarangan.

Kemiringan sudut atap diatur sedemikian rupa, agar serasi dengan tinggi bangunan yang ada disampingnya. Tetapi sudut kemiringan atap memenuhi persyaratan bahan penutup atap yang dipergunakan, supaya tidak bocor. Selain itu tinggi rendahnya atap dan lisplang pada bagian muka rumah dibuat dengan variasi tinggi rendah yang baik untuk menghilangkan kesan menyatu dengan bangunan disampingnya seperti bangunan gandeng atau deret.

RUMAH RAPAT DERET
Rumah rapat deret hampir sama halnya dengan bangunan gandeng dua atau kopel. Bedanya, pada bangunan rapat deret bangunan induk dapat berimpit pada kedua batas pekarangan sisi, dengan ketentuan maksimal panjang bangunan rapat deret tidak boleh lebih dari 40 meter.

Bentuk bangunan rapat deret termasuk dalam jenis bangunan GKP dan GKW yang sering dipergunakan sebagai bangunan toko atau ruang usaha. Pada jenis bangunan seringkali garis sempadan bangunan GSB dan garis sempadan jalan GSJ berimpit menjadi satu garis.

Dapat disimpulkan bahwa jenis bangunan tersebut seringkali tidak memiliki halaman depan. Oleh karena itu pada bangunan rapat dempet yang dipergunakan sebagai rumah tinggal, perlu diperhatikan pembukaan (pintu/jendela) yang terdapat pada bagian depan dan harus direncanakan dengan baik untuk menjamin keamanan, sebab rumah tersebut berhubungan langsung dengan jalanan umum.

Komentar

Postingan Populer