RUANG LAGI...

-->
RUANG TAMU
Fungsi ruang tamu adalah sebagai tempat untuk menerima tamu. Ruang tamu dapat digunakan untuk kegiatan lain menurut kebiasaan pemilik rumah. Maka ruang tamu itu direncanakan agar sewaktu-waktu dapat menjadi tempat perjamuan.

Ruang tamu dengan fungsi yang terlampau banyak akan menimbulkan kesan gado-gado. Oleh karena itu yang penting dalam perencanaan adalah pengarahan untuk memenuhi fungsi utama dengan menyesuaikan bentuk, ukuran, serta perlengkapannya.

Biasanya ruang tamu terletak pada bagian depan rumah yang berhubungan langsung dengan jalan keluar. Tata letak seperti itu bukan semata-mata kebiasaan, tetapi karena ruang tamu bersifat umum dan ruang-ruang lain bersifat pribadi bagi pemilik rumah.

RUANG MAKAN
Fungsi pokok ruang makan adalah tempat makan pemilik rumah yang digunakan secara rutin tiap hari. Bentuk dan ukuran ruang makan sedapat mungkin direncanakan agar dapat menampung minimal jumlah anggota keluarga.

Tata letak ruang makan diusahakan berdekatan dengan dapur atau mempunyai jalur hubungan yang praktis dengan dapur. Hubungan singkat dan praktis ini mempermudah penyajian hidangan dan pembersihan ruang setelah dipergunakan.

Kembali pada fungsi pokok ruang makan sebagai tempat makan keluarga, maka ruang makan bersifat pribadi. Oleh karena itu ruang makan ditempatkan pada bagian kedua setelah ruang tamu yang bersifat umum. Akan tetapi dengan adanya perbedaan sifat yang tajam antara kedua ruang tersebut, maka antara ruang makan dan ruang tamu harus dipisahkan dengan dinding atau penyekat, agar kegiatan pada ruang makan tidak tampak langsung dari ruang tamu.

RUANG KELUARGA
Ruang keluarga atau ruang rekreasi dapat dipisahkan menjadi dua ruang yang berbeda. Tetapi karena banyak persamaan sifat pada kedua ruang tersebut, maka dapat dibuat menjadi satu ruangan.

Ruang keluarga dan ruang rekreasi berfungsi sebagai ruang santai keluarga, misalnya, untuk nonton TV, mendengarkan musik, dan lain-lain. Kedua ruang tersebut bersifat tidak resmi (nonformal) dan bersifat sebagai pelengkap untuk menghilangkan kejenuhan akibat kegiatan rutin (kerja, sekolah). Dengan sifat demikian ruang keluarga/rekreasi dan ruang tamu perlu dipisahkan dengan pembatas ruangan yang cukup rapat, mengingat adanya perbedaan fungsi dan sifat yang menyolok.

Komentar

Postingan Populer