STANDAR RUANG SECARA MINIMAL

-->
Standar ruangan minimal yang disajikan dibawah ini adalah kutipan dari beberapa bagian buku Standar Arsitektur di Bidang Perumahan yang diterbitkan oleh Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan. Standar tersebut kiranya telah cukup memenuhi persyaratan, karena merupakan hasil penelitian dan pembahasan yang meliputi studi mengenai manusia dan sudut anatomi dan gerak serta pertimbangan faktor-faktor seperti keadaan sosial, keadaan ekonomi, dan kemajuan teknologi.

TEKNIS PENYUSUNAN RANGKAIAN RUANG
Organisasi ruang adalah hal yang penting untuk menjalin hubungan ruangan yang serasi/terpadu, mengingat bahwa rumah merupakan suatu kesatuan dari berbagai jenis, bentuk, dan ukuran ruang dengan fungsi dan sifat yang berbeda-beda.

Setelah bentuk, ukuran, dan jumlah ruang ditetapkan menurut kebutuhan dengan pertimbangan adat/kebiasaan, hobi, selera, dana dan peraturan/persyaratan yang berlaku, maka kemudian disusun rangkaian ruang yang efisien, fungsional, sehat dan menyenangkan.

Untuk menyusun rangkaian ruang yang efisien, fungsional, sehat dan menyenangkan tidak terlepas dari unsur-unsur dan faktor-faktor perencanaan secara keseluruhan. Maka dalam teknis penyusunan rangkaian ruang, perencanaan dilakukan dengan proses yang bertahap :

  1. Pengelompokan ruang sejenis menjadi satu area.
  2. Pemilihan tata letak ruang/area di atas persil tanah
  3. Sketsa denah rangkaian ruang
Proses perencanaan sejak pemilihan bentuk, ukuran, dan jumlah ruang sampai tersusun denah bangunan :

PENGELOMPOKAN RUANG SEJENIS
Setelah bentuk, ukuran dan jumlah ruangan ditetapkan, selanjutnya diadakan pengelompokan ruang-ruang sejenis menjadi satu area. Pada rumah tinggal terdapat tiga jenis area, yaitu area peristirahatan (sleeping area), area pemukiman (living area), dan area pelayanan (service area). Pengelompokan ruang sejenis ini dimaksud untuk memperkirakan luas masing-masing area yang dibutuhkan, sehingga mempermudah pengaturan tata letak di atas persil tanah, mengingat masing-masing area memiliki fungsi dan sifat yang khusus.


Komentar

Postingan Populer