ORGANISASI RUANG

-->Pada dasarnya suatu rumah tinggal merupakan kesatuan yang terpadu dari berbagai ruang dengan fungsi dan sifat yang berbeda-beda. Dalam penyusunan rangkaian ruangan yang memiliki fungsi dan sifat yang berbeda-beda menjadi suatu kesatuan yang terpadu, diperlukan organisasi ruang yang baik.

Menyusun struktur organisasi ruang yang baik dan benar tidak terlepas dari faktor-faktor berikut :

  1. Fungsi dan sifat dasar setiap ruangan
  2. Prinsip penetapan jumlah dan ukuran ruangan
  3. Standar ruangan secara minimal
  4. Teknis penyusunan organisasi ruang

FUNGSI dan SIFAT DASAR RUANGAN
Ruang didalam rumah tinggal dibagi atas tiga kelompok berdasarkan fungsi dan sifat yang sejenis yang selanjutnya disebut area :

  1. Area pemukiman (living area)
  2. Area peristirahatan (sleeping area)
  3. Area pelayanan (service area)

AREA PEMUKIMAN
Area pemukiman merupakan kelompok ruangan yang terdiri dari :

  1. Ruang tamu
  2. Ruang makan
  3. Ruang keluarga/rekreasi
  4. Ruang belajar/ruang kerja

Pada rumah yang besar, setiap ruang dapat dibuat secara terpisah satu per satu menurut fungsi dan sifatnya yang khusus. Tetapi pada rumah yang kecil, satu ruang dapat berfungsi ganda, asalkan kombinasi fungsi ruang tersebut masih merupakan satu kelompok ruang (area) sejenis dan sifat dasar masing-masing ruang tidak terlampau berbeda.

Pemisahan ruang pada suatu area tidak selamanya harus dengan dinding tembok masif. Untuk memisahkan ruang dapat digunakan penyekat ruang yang berbentuk lemari (devider) atau dengan cara pemisahan letak kelompok peralatan (furniture) menurut fungsinya.

Komentar

Postingan Populer