KAMAR MANDI

-->
Pada konsep perencanaan rumah-rumah lama, kamar mandi terletak jauh terpisah dengan kamar tidur. Akan tetapi demi efesiensi, letak kamar mandi dalam konsep perencanaan saat ini diletakkan dekat dengan kamar tidur.

Kamar mandi diletakkan dekat dengan kamar tidur, karena mandi merupakan kegiatan pribadi yang rutin. Mengingat sifat kamar mandi yang selalu basah dan dapat menimbulkan bau kurang sedap, maka kamar mandi harus memiliki peredaran udara yang baik dan penerangan yang cukup.

AREA PELAYANAN
Area pelayanan adalah area pelengkap untuk pelayanan yang dibutuhkan dalam suatu rumah. Ruang-ruang yang termasuk dalam kelompok area pelayanan adalah :

  1. Ruang dapur
  2. Ruang penyimpanan (gudang)
  3. Ruang garasi
  4. Ruang dapur

RUANG DAPUR
Fungsi pokok dapur adalah sebagai tempat kerja untuk mempersiapkan makanan dan minuman. Mengingat makanan dan minuman berhubungan erat dengan factor kesehatan, maka dapur harus selalu bersih dan sehat.

Dilain pihak kegiatan memasak di dapur menimbulkan panas, bau dan sisa kotoran. Maka itu dapur diletakkan berjauhan dari kamar tidur atau ruang-ruang yang memerlukan kesejukkan. Akan tetapi, mengingat fungsi dapur sebagai ruang pelayanan, maka dapur sebaiknya diletakkan pada tempat yang mempunyai hubungan praktis dan langsung dengan ruang makan dan ruang-ruang yang dilayani.

Kembali pada masalah kebersihan dan kesehatan, maka dapur harus memiliki pembukaan (jendela) yang cukup besar agar dapat meneruskan sinar matahari langsung kedalam dapur. Selain itu dapur harus memiliki lubang  udara (ventilasi) yang dapat mengatur peredaran udara yang cukupuntuk mengurangi panas dan menghilangkan bau.

RUANG PENYIMPANAN ( Gudang )
Ruang penyimpanan dapat berbentuk gudang atau lemari sebagai tempat penyimpanan. Ruang penyimpanan dalam bentuk gudang terpisah (ruang khusus) memang kadang-kadang masih dibutuhkan. Akan tetapi untuk rumah-rumah kecil, gudang terpisah dirasa kurang efisien, karena gudang terpisah memerlukan tanah yang khusus dan untuk mencari barang yang diperlukan sewaktu-waktu harus dicari dalam gudang yang terisi barang beraneka ragam.

Ruang penyimpanan dapat direncanakan pada setiap ruangan yang memerlukan dalam bentuk lemari penyimpanan. Dengan demikian barang-barang yang disimpan berhubungan dengan kebutuhan/perlengkapan ruang yang bersangkutan, sehingga sewaktu-waktu mudah mencari barang yang dibutuhkan. Misalnya, untuk mencari piring/gelas yang dibutuhkan untuk pesta, dengan mudah akan bisa di dapat pada tempat penyimpanan yang terdapat di ruang makan atau dapur yang berhubungan dengan perlengkapan tersebut.

Komentar

Postingan Populer