EVALUASI BIAYA PROYEK

-->
PENGERTIAN
EBPP adalah merupakan suatu sistem, yang di gunakan untuk memonitor dan mengevaluasi biaya yang telah terjadi dan biaya yang akan terjadi (sisa biaya) di masa yang akan datang sampai dengan selesainya proyek.

MANFAAT
Disamping berisi biaya yang telah terjadi dan rencana biaya yang akan datang, EBPP juga menampilkan untung atau rugi suatu aktivitas terhadap Rencana Anggaran Proyek (RAP).

Jadi dalam EBPP tergambar secara detail mengenai laporan untung atau rugi suatu pekerjaan terhadap Rencana Anggaran Proyek (RAP). Jika dalam akutansi kita mengenal laporan untung atau rugi, maka dalam bahasa teknis-pun memiliki laporan untung atau rugi.

Dalam akutansi yang dibandingkan adalah Biaya Produksi Real dan Biaya Real. Tapi dalam bahasa teknis yang di bandingkan adalah Rencana Biaya dengan Realisasi biaya.

Dalam untung atau rugi versi akutansi tidak di bahas rencana biaya yang akan terjadi tapi dalam EBPP di bahas.

Kesimpulannya adalah EBPP lebih lengkap dan menggambarkan secara detail Realisasi Biaya ataupun Rencana Biaya.

Bagi seorang manajer di proyek, EBPP akan sangat membantu dalam menilai untung atau rugi proyek terhadap rencana yang telah disepakati.

Seorang manajer harus mengetahui dengan baik dan detail terhadap Projected Final Cost (PFC) suatu proyek.

Dengan mengetahui EBPP secara baik dan detail maka manajer akan dapat melihat kondisi proyek secara keseluruhan, apakah nantinya akan untung atau rugi.

Dan langkah apa yang harus dilakukan untuk meng-antisipasi seandainya suatu proyek, diketahui akan mengalami kerugian?

Dengan demikian diharapkan kerugian-kerugian yang diperkirakan akan timbul bisa diperkecil, atau bahkan dapat Break Event Point (BEP).

Komentar

Postingan Populer