PERANAN MANAGER PROYEK


Peranan seorang manager, manager apapun, telah dipahami benar, sbb:

  1. Merencanakan
  2. Mengorganisasikan
  3. Mengkoordinasikan
  4. Mengendalikan
  5. Memimpin
Semua itu sepenuhnya berlaku bagi seorang manajer proyek. Meskipun demikian, perbedaannya adalah bahwa ia memainkan peranannya ini untuk mengadakan perubahan, dan bukannya untuk melestarikan status quo.

Perencanaan, pengorganisasikan, pengkoordinasikan, dan pengendalian di luar lingkungan proyek, seperti mengelola perusahaan yang beroperasi dalam peranan fungsional (misalnya, penjualan, produksi atau akuntansi), semuanya itu seringkali dipaksa oleh proses itu sendiri, oleh kegiatan dari perusahaan-perusahaan lain, atau oleh tuntutan-tuntutan yang mengalami konflik didalam departemen itu sendiri.

Bukannya kurang benar bagi manajemen proyek, tetapi memang ada pergeseran tekanan di mana peranan-peranan secara ketat difokuskan semuanya pada pencapaian tujuan proyek, dan bahwa proyek itu juga secara ketat dikaitkan dengan sasaran-sasaran bisnis dari perusahaan.

Sebagian besar dari upaya ini akan menyatakan dirinya sendiri dalam peranannya sebagai komunikator.

MENCARI SPONSOR DAN MEMPERTAHANKANNYA
Memiliki sponsor yang berpengaruh sangat penting penting artinya untuk meraih sukses. Ini berlaku terutama untuk proyek yang memerlukan waktu lebih lama.

Proyek anda mungkin harus bersaing untuk mendapatkan perhatian dari pihak manajemen yang memiliki kegiatan-kegiatan dan proyek-proyek lain yang banyak jumlahnya. Manajer senior berpengaruh yang akan membela anda dan proyek anda itu akan memastikan bahwa anda akan menerima dukungan dari pihak manajemen senior. Dalam hal demikian, ketika anda harus mengambil keputusan, atau meminta persetujuan, atau meminta tersedianya sumber daya, maka proyek anda tidak akan selalu ditaruh dibagian agenda.

Terutama didalam organisasi-organisasi yang dinamis dan berubah dengan cepat, maka mudahlah bagi seluruh isi dunia ini bergerak lebih cepat daripada proyek anda. Meskipun proyek anda mungkin menjadi penyedap rasa pada bulan ketika proyek itu dimulai, hal seperti itu mungkin tidak lagi menjadi demikian setahun kemudian, bahkan sekalipun kebutuhan akan hal itu benar-benar masih tetap sama, karena munculnya proyek-proyek yang lebih baru dan lebih menggairahkan.

Komentar

Postingan Populer