CIRI KHAS SEBUAH PROYEK

-->
1.      Perbedaan karakteristik-karakteristik
2.      Daur hidup yang khas dari sebuah proyek
3.      Peranan Manajer Proyek
4.      Keuntungan dan pendekatan secara sistematis

Karakteristik yang paling jelas dari sebuah proyek adalah harus mencapai suatu tujuan tertentu, dan dalam hal ini ditunjukan dengan nama proyeknya, yang merupakan bagian dari sebuah organisasi bisnis normal, seperti pembayaran gaji atau upah, menyunting surat kabar harian, dll.

Tujuan dan sasaran proyek-proyek atau mungkin yang paling baik adalah dengan menganggap bahwa proyek itu merupakan sebuah alat perubahan.

Proyek mempunyai dampak pada kehidupan rakyat karena dapat merubah pola kerja dan lingkungan mereka. Mengelola perubahan sangat berbeda dengan mengelola status quo, intinya proyek-proyek itu dilaksanakan untuk mempengaruhi perubahan dengan cara yang dapat dikendalikan.

Banyak dari proyek itu yang muncul dalam segala jenis bisnis yang berbeda, seperti dalam system informasi, konstruksi, keuangan, pemasaran, riset industri dan pemerintahan setempat.

Karakteristik utama dari sebuah proyek adalah :

1.      Sebagai alat perubahan
2.      Mempunyai awal dan akhir yang jelas dapat dikenali
3.      Mempunyai tujuan yang spesifik
4.      Menghasilkan sesuatu yang dapat diserah terimakan
5.      Sebagai sesuatu yang unik
6.      Sebagai tanggung jawab satu orang atau badan
7.      Melibatkan biaya, sumber daya dan waktu
8.      Menggunakan sumber daya dan keterampilan yang bervariasi

Kita tahu tujuan spesifik, tetapi juga sadar akan agenda-agenda tersembunyi. Sekalipun telah diberi anggaran belanja dan batas waktu, kita memiliki ide tentang tentang pertimbangan waktu, sumber daya, biaya sebenarnya, namun masih harus diuji selama pelaksanaan proyek.

Satu-satunya masalah yang dipastikan dari Manajer Proyek adalah bahwa itu tanggung jawabnya dan nanti dia akan dinilai tentang sukses atau tidaknya.

Komentar

Postingan Populer