DURASI

Dalam manajemen proyek, salah satu hal yang perlu dikoordinasikan adalah antara kegiatan-kegiatan yang ada dalam proyek dengan waktu. Berkaitan dengan waktu, kegiatan dibedakan antara waktu/durasi kegiatan dan saat kegiatan dimulai serta saat kegiatan selesai. Durasi merupakan rentang waktu rencana dari awal pelaksanaan hingga selesai suatu pekerjaan. Parameter yang berpengaruh dalam perhitungan durasi adalah :

VOLUME PEKERJAAN

  1. Produktivitas
  2. Jumlah pekerja 
Durasi merupakan hasil bagi dari volume pekerjaan dengan hasil perkalian produktivitas dengan jumlah pekerja.

BARCHART
Barchart (diagram batang) desebut juga Gantt Chart adalah suatu diagram yang terdiri dari sekumpulan garis-garis yang menunjukan saat dimulai dan saat diselesaikannya suatu pekerjaan yang di rencanakan untuk item-item pekerjaan yang ada dalam proyek.

Dalam diagram barchart pada sisi kiri kita dapat menuliskan item-item pekerjaan yang ada serta durasinya, langkah selanjutnya adalah memberikan skala horizontal yang menggambarkan waktu pelaksanaan proyek, dalam kasus ini pelaksanaan proyek dinyatakan dalam minggu.

Garis yang menunjukan rencana durasi pekerjaan dibuat dalam bentuk batang yang kosong. Hal ini dimaksudkan agar kemajuan pekerjaan yang sebenarnya dapat ditunjukan dengan mengisi ruang kosong pada batang, sehingga dapat diketahui dengan dengan cepat apakah suatu item pekerjaan dilaksanakan sesuai, lebih cepat, atau lambat dari jadwal yang telah ditetapkan.

Dalam penggunaan diagram barchart maka kita dapat memperoleh keuntungan yaitu karena bentuknya yang sederhana maka mudah untuk dimengerti oleh seluruh level manajemen. Namun diagram barchart juga memiliki kelemahan yaitu kurang dapat menjelaskan berkaitan antar kegiatan dan cara ini tidak memungkinkan seseorang segera melihat akibat dari keterlambatan atau percepatan dari suatu item pekerjaan terhadap item pekerjaan berikutnya.


Komentar

Postingan Populer