MENGIKLANKAN PROYEK
Hal ini sangat erat hubungannya dengan
mencari sponsor, tetapi dapat berlaku untuk semua tingkat perusahaan. Manajer
proyek mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa kredibilitas proyeknya
dapat dipertahankan sepanjang waktu, dan bahwa proyek itu dapat tetap
mempertahankan profil atau riwayat kerjanya yang tinggi di dalam perusahaan
selama rentang hidupnya.
Manajer proyek kemungkinan dapat menjadi
penghubung utama antara tim proyek dan dunia luar, sehingga ia harus berusaha
mempromosikan proyek itu.
MENGELOLA PERKIRAAN PARA PEMAKAI
Pada proyek-proyek yang besar, terutama
proyek-proyek yang memerlukan waktu lama, persepsi atau pemahaman pemakai
terhadap apa yang akan diserahterimakan itu secara tak terelakkan pasti akan
berbeda dari pemahaman anda sendiri. Oleh karena itu, secara teratur perlu
ditinjau ulang dan diperiksa selama berlangsungnya semua kegiatan proyek itu,
untuk menghindari semua perbedaan pemahaman.
Perkiraan para pemakai itu dapat bervariasi
secara luar biasa dari sinisme mutlak sampai optimisme liar yang
berlebih-lebihan tentang cara hidup mereka yang akan diperkuat ketika proyek
itu diserahterimakan.
Yang sangat penting demi suksesnya proyek itu
adalah mengurangi ekses-ekses atau perkiraan-perkiraan yang berlebih-lebihan.
Untuk itu, para para pemakai harus dilibatkan dalam segala aspek proyek ini.
Dengan demikian, hubungan diantara ke dua belah pihak dapat dibangun sehingga
memungkinkan timbulnya komunikasi dua arah yang efektif.
Ingat, pada akhirnya, reaksi para pemakai
terhadap apa yang anda serahterimakan inilah yang akan menjadi faktor penentu
utama tentang sukses atau gagalnya proyek anda.
Komentar
Posting Komentar