MENGIKLANKAN PROYEK

Hal ini sangat erat hubungannya dengan mencari sponsor, tetapi dapat berlaku untuk semua tingkat perusahaan. Manajer proyek mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa kredibilitas proyeknya dapat dipertahankan sepanjang waktu, dan bahwa proyek itu dapat tetap mempertahankan profil atau riwayat kerjanya yang tinggi di dalam perusahaan selama rentang hidupnya.

Manajer proyek kemungkinan dapat menjadi penghubung utama antara tim proyek dan dunia luar, sehingga ia harus berusaha mempromosikan proyek itu.

MENGELOLA PERKIRAAN PARA PEMAKAI
Pada proyek-proyek yang besar, terutama proyek-proyek yang memerlukan waktu lama, persepsi atau pemahaman pemakai terhadap apa yang akan diserahterimakan itu secara tak terelakkan pasti akan berbeda dari pemahaman anda sendiri. Oleh karena itu, secara teratur perlu ditinjau ulang dan diperiksa selama berlangsungnya semua kegiatan proyek itu, untuk menghindari semua perbedaan pemahaman.

Perkiraan para pemakai itu dapat bervariasi secara luar biasa dari sinisme mutlak sampai optimisme liar yang berlebih-lebihan tentang cara hidup mereka yang akan diperkuat ketika proyek itu diserahterimakan.

Yang sangat penting demi suksesnya proyek itu adalah mengurangi ekses-ekses atau perkiraan-perkiraan yang berlebih-lebihan. Untuk itu, para para pemakai harus dilibatkan dalam segala aspek proyek ini. Dengan demikian, hubungan diantara ke dua belah pihak dapat dibangun sehingga memungkinkan timbulnya komunikasi dua arah yang efektif.

Ingat, pada akhirnya, reaksi para pemakai terhadap apa yang anda serahterimakan inilah yang akan menjadi faktor penentu utama tentang sukses atau gagalnya proyek anda.

Komentar

Postingan Populer