ELEMEN DAN SIMBOL BANGUNAN

-->Salah satu dasar untuk merencanakan bangunan adalah mengenal serta memahami arti elemen dan simbol-simbol gambar bangunan sehingga dapat membaca gambar bangunan dengan baik dan benar.

Elemen dan simbol gambar bangunan jumlahnya cukup banyak dan selalu berkembang sesuai dengan penemuan dan penggunaan elemen /komponen bangunan baru, yang tidak mungkin di uraikan satu per satu secara lengkap.

Elemen-elemen pokok dan simbol-simbol yang penting sebagai dasar untuk membaca gambar bangunan yang sederhana.

ELEMEN-ELEMEN POKOK BANGUNAN RUMAH TINGGAL :

1.       Pondasi (foundation)
2.       Lantai (floor)
3.       Kolom/tiang (stud column)
4.       Dinding (wall)
5.       Pintu dan jendela (door and window)
6.       Langit-langit (ceiling)
7.       Rangka atap (roof frame)

PONDASI (foundation)
Pondasi merupakan landasan berpijak bangunan di atas tanah. Pondasi ini dibutuhkan, karena pada umumnya daya dukung tanah tidak cukup kuat untuk memikul beban bangunan yang berdiri di atasnya. Maka itu pondasi merupakan perbaikan tanah, sehingga memiliki daya dukung yang cukup kuat untuk memikul beban bangunan di atasnya.

Pada umumnya pondasi terletak dibawah permukaan tanah pada kedalaman tertentu, sebab tanah pada bagian bawah lebih keras dan padat, sehingga memiliki daya dukung yang lebih besar. Juga pengaruh iklim terhadap tanah (muai dan susut) pada bagian bawah relatif kecil.

Dalam dan besarnya pondasi tidak selalu sama di setiap tempat, karena kedalaman dan besar pondasi tergantung dari daya dukung tanah setempat serta besarnya beban bangunan yang dipikul.

Secara garis besar pondasi untuk rumah tinggal dapat dibagi atas dua jenis, yaitu pondasi untuk tanah lembek dan pondasi untuk tanah keras.



Komentar

Postingan Populer